Sunday, November 29, 2009

Pengertian Virus pada Komputer



Virus di sini bukan berarti virus yang menyebabkan suatu penyakit pada manusia atau makhluk hidup lainnya. Virus yang akan dibahas adalah mengenai virus komputer. Virus komputer adalah sebuah program yang dibuat seseorang yang sifatnya merusak dan dapat menginfeksi file-file yang ada pada komputer kita. Virus komputer juga merupakan suatu program yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita.


Seperti virus biologis, pada virus komputer terdapat kode instruksi yang dapat membuat copy-an sempurna seperti dirinya. Ketika komputer yang terinfeksi berhubungan (kontak) dengan perangkat lunak dan belum terinfeksi, copy-an virus memasuki program baru. Infeksi dapat menyebar dari komputer satu ke yang lainnya melalui disk yang digunakan pemakai, atau mengirimkan program melalui jaringan. Pada lingungan jaringan, kemampuan mengakses aplikasi dan layanan-layanan komputer lain merupakan fasilitas penyebaran virus.


Suatu Virus pada komputer pada umumnya bisa merusak Software atau perangkat lunak komputer dan tidak secara langsung merusak perangkat keras komputer, virus komputer dapat merusak perangkat keras suatu komputer dengan cara memuat program pada komputer untuk memaksa over process ke perangkat tertentu misalnya VGA, Memory, hardisc atau pun bahkan Procesor. Pengaruh buruk dari virus komputer yang paling utama adalah virus yang selalu memperbanyak diri sendiri, yang dapat membuat sumber daya pada komputer, misalnya pada penggunaan memori, menjadi berkurang. Hampir sembilan puluh lima persen Virus adalah menyerang pada sistem operasi yang berbasis Windows. Sisanya, yaitu dua persen virus menyerang pada sistem operasi Linux / GNU dengan versi kernel dibawah 1.4 (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), satu persen menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). dua persen lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.

Sumber :

http://organisasi.org/definisi-pengertian-virus-komputer-worm-trojan-spyware-ciri-dan-teknik-infeksi-penularan

http://sihar-hutahaean.blogspot.com/2007/11/pengertian-virus-komputer.html

http://www.total.or.id/info.php?kk=Virus

http://scconline.multiply.com/journal/item/11

sumber gambar : 

http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://www.hong.web.id/wp-content/uploads/2009/10/computer-virus.jpg&imgrefurl=http://www.hong.web.id/news/cara-membuat-virus-nakal/&usg=__0kj5mIpy_dxtXvqy44uF_UaUDLI=&h=298&w=398&sz=26&hl=id&start=5&um=1&tbnid=DA6cdd4UHrhR1M:&tbnh=93&tbnw=124&prev=/images%3Fq%3Dvirus%2Bkomputer%26gbv%3D2%26hl%3Did%26sa%3DG%26um%3D1

  
_Meldiana Sumanto-0972161_

No comments:

Post a Comment