Sunday, November 29, 2009

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Antivirus Gratis Dari Microsoft

Microsoft, sang raksasa software di dunia memang tidak sedang main-main ketika meluncurkan ide untuk membuat sebuah program antivirus gratis karena pada minggu depan program antivirus gratis dari Microsoft itu akan memasuki tahap pengujian Beta untuk publik.
Nama program antivirus gratis dari Microsoft itu adalah Microsoft Security Essentials (MSE), sebelumnya bernama 'Morro'. Dan rencananya bagi pengguna Windows dapat mendownloadnya secara gratis.
Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang program antivirus gratis dari Microsoft ini, yang sebelumnya pihak Microsoft lebih banyak berdiam diri untuk tidak banyak berkomentar ketika ditanya tentang proyek antivirus gratis mereka.
• MSE menyediakan perlindungan berupa antivirus dan anti-malware untuk sistem Windows XP SP2, Windows Vista dan Windows 7 (termasuk Beta atau Release Candidate). MSE memiliki core engine yang sama dengan yang ditawarkan oleh produk Forefront Client untuk bisnis, namun MSE tidak menyediakan kemampuan manajemen seperti yang terdapat pada Forefront Client — atau seperti yang ditawarkan kepada pengguna Windows Live OneCare sebelumnya.
• Microsoft mengumumkan bahwa MSE tersedia untuk pengujian beta publik mulai dari tanggal 23 Juni. MSE akan tersedia untuk 32- dan 64-bit, didownload langsung dari situs Microsoft Connect. Versi pengujian ditujukan kepada pengguna yang penduduknya berbahasa Inggris, ditambah Brasil, Israel dan Cina.
• Versi beta akan tetap dibuka sampai produk MSE versi final dirilis sebelum akhir tahun 2009. (Microsoft tidak menyebutkan tanggal kepastian peluncuran resminya) Produk final akan tersedia untuk didownload secara gratis di Microsoft.com.
• Microsoft akan mengupdate dan memperbaharui kode beta secara rutin pada beberapa bulan ke depan dengan memanfaatkan update melalui Windows Update dan mekanisme melalui Web lainnya.
• Microsoft berencana menawarkan pilihan kepada pemilik PC OEM dan system builders untuk membundel MSE ke PC baru mereka, namun tidak berharap para pembuat PC besar untuk ikut andil, karena saat ini para pembuat PC besar pun bersaing menawarkan program antivirus dari perusahaan lainnya.
• Berbicara mengenai produk dari pihak ketiga, MSE akan menguninstal Windows Defender jika terdapat program tersebut dalam PC pengguna, dikarenakan MSE adalah sebuah "superset" dari Defender. Selama proses instalasi, MSE akan menganjurkan pengguna untuk menguninstal program-program antivirus yang sebelumnya sudah terinstal, hal ini karena menjalankan banyak program antivirus akan memperlambat kinerja PC.
• MSE ditujukan dan diutamakan kepada para pengguna yang belum atau tidak memiliki uang untuk membeli software antivirus/anti-malware. Nantinya tidak akan diminta registrasi, tidak ada versi trial dengan tanggal kadaluarsa atau permintaan untuk kembali memperbaharui. Namun Microsoft membatasi download MSE (versi beta dan final) hanya untuk para pengguna yang menggunakan PC Windows Original (alias bukan Windows bajakan).
Sumber:
http://www.erakomputer.com/content/berita/06/Beberapa-hal-yang-perlu-diketahui-tentang-antivirus-gratis-dari-Microsoft-MSE

~ Vinda Meifiani – 0972037 ~

No comments:

Post a Comment