Sunday, November 29, 2009

Alasan Seseorang Membuat Suatu Virus


 Teknologi virus berkembang seiring berkembangnya teknologi komputer, bahkan selangkah lebih maju daripada teknologi antivirus. Penyebaran virus komputer akan semakin cepat berkembang karena teknologi internet pun semakin berkembang, karena itu fenomena virus komputer perlu kita pelajari.
Berikut akan disebutkan mengapa seseorang membuat suatu virus :
1.       Banyak programmer handal yang tidak tertampung di perusahaan IT, karena kebanyakan dari mereka belajar secara otodidak. Karena itu, mereka yang belajar secara otodidak tidak tahu hal lain yang akan diperbuat dengan kemampuan mereka, sehingga mereka membuat virus-virus.
2.       Kelemahan O/S atau software yang lain juga memungkinkan orang untuk membuat virus. Misalnya kelemahan MS Office membuat orang membuat virus mikro. Kelemahan IE dan Outlook memungkinkan orang membuat worm yang secara luar biasa cepat menyebar ke seluruh dunia
3.       Dengan menampilkan teks atau gambar di layar monitor, pembuat virus berharap dia dan virusnya menjadi terkenal. Biasanya virus jenis ini pada awal mulanya tidak dibuat untuk merusak data. Dengan berkembangnya internet muncul group-group pembuat virus di dunia maya. Masing-masing group bersaing untuk membuat virus yang paling cepat menyebar dan tidak terdeteksi oleh antivirus, dengan demikian group-mnya menjadi terkenal.
4.       Beberapa virus dibuat sengaja untuk merusak data tertentu. Terkadang virus dapat memformat  hardisk sampai dua kali supaya data-data di hardisk tersebut benar-benar tidak dapat di recovery.  Virus yang lain dibuat untuk mencuri data-data tertentu, termasuk password, dari komputer korban dengan meng-upload data tersebut ke pembuat virus. Virus seperti ini dapat mengontrol komputer korban dari jarak jauh.
Secara material, tidak ada keuntungannya membuat virus komputer. Bahkan mereka berhadapan dengan resiko rusaknya data mereka pada saat pembuatan virus tersebut. pembuat virus mempunyai alasan mengapa mereka melakukannya, meskipun alasannya kadang tidak masuk akal. Bagaimana pun virus komputer ternyata membuat pengaruh di lain pihak, orang atau perusahaan menjadi semakin peduli dengan keamanan jaringan komputer mereka.


_Meldiana Sumanto - 0972161_

No comments:

Post a Comment