Saturday, November 28, 2009

Antivirus membuat ‘lemot’?


Antivirus membuat ‘lemot’?
 

Sebelum kita menggunakan dan memilih antivirus yang tepat bagi komputer kita, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa tujuan kita menggunakan antivirus yang akan kita install pada komputer kita dan juga mengetahui spesifikasi hardware yang ada di komputer kita karena aka nada kaitannya dengan sumber daya pada komputer kita. Saat kita memilih antivirus yang akan kita install pada komputer kita, kita harus selektif dan jeli. Saat ini banyak yang menawarkan antivirus gratis alias menggunakan system license, tetapi walaupun gratis kita harus tetap jeli dalam memperthatikan fitur yang ditawrkan antivirus gratisan tersebut.
Mengetahui tujuan pemasangan antivirus sangat penting, karena pada dasarnya antivirus adalah suatu tools yang dibuat untuk melindungi komputer dari malware (malicious software) atau virus. Walaupun kita beranggapan bahwa komputer kita tidak akan terkena virus sebaiknya kita tetap menginstall sebuah antivirus. Seperti layakanya obat, antivirus juga dapat digunakan sebagai pencegah. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Jika komputer sudah terkena virus yang dapat merusak komputer kita, akan lebih sulit untuk ‘mengobatinya’, maka dari itu selalu pergunakan antivirus.
Selanjutnya, kita harus mengetahui spesifikasi hardware karena semua software memerlukan sumber daya dari komputer sehingga software tadi dapat berjalan optimal di komputer kita. Jadi sebaiknya kita menambah atau mengupgrade memory sehingga kinerja dari keseluruhan system menjadi optimal. Jika sudah begitu, kemungkinan komputer kita menjadi ‘lemot’ akan sangat kecil.
Kesimpulannya, jika kita ingin menginstall program antivirus, maka terlebih dahulu kita mengetahui spesifikasi dari program tersebut dan spesifikasi hardware yang kita punya. Jika program antivirus melebihi kapasitas memory yang sudah ada, tentu saja komputer kita akan cenderung ‘lemot’.
  

_Meldiana Sumanto – 0972161_

No comments:

Post a Comment