Saturday, November 28, 2009

Keuntungan dan Kekurangan Antivirus Gratisan


Keuntungan dan Kekurangan Antivirus Gratisan 

 

Saat ini, banyak sekali ditawarkan software antivirus  yang gratis. Jika kita searching di internet, maka banyak sekali cara untuk memperoleh antivirus tersebut  dengan cara download.

Tetapi dari antivirus gratis yang ditawarkan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan atau keuntungannya pasti dari sisi harga, siapa sih yang tidak mau gartisan jaman sekarang? Kita tidak perlu mengeluarkan budget untuk membeli antivirus gratisan ini, cukup meng-copy dari teman atau mendownload di internet, seperti yang telah disebutkan di atas.

Selain itu ada pula kerugian dari antivirus gratisan ini. Malware atau virus bermacam-macam, seperti virus worm, Trojan, spyware, adware, adware, pornware, rootkit sampai pada spam. Antivirus gratisan hanya melakukan proteksi untuk virus, worm, dan spyware. Sementara malware lain akan lolos dari monitoring antivirus gratisan ini. Selain yang telah disebutkan tadi, ada pula kekurangan lainnya, yaitu masalah support. Jika terdapat varian virus yang baru yang tidak terdeteksi dan membahayakan (merusak data dan system komputer), kemana kita akan menanyakan cara penanganannya sampai pengiriman sample dari virus tersebut sementara kita tidak tahu sumber atau trigger dari virus tersebut.

Ada pun beberapa antivirus gratis tetapi mereka menggunakan system license yang memerlukan perpanjangan lisensi pada saat yang ditentukan. Untuk produk antivurs berlisensi (original) sudah discover sehingga kita sebagai user merasa diperhatikan dan mendapat support. Namun, perlu juga tips-tips untuk memilih antivirus original yang bersifat gratis. berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih antivirus gratisan tersebut :

1.       Support lokal
2.       Kemudahan update (online atau offline yang dapat didownload)
3.       Kecepatan respons atau penanganan terhadap varian virus baru
4.       Harga yang kompetitif
5.       Fitur yang dimiliki oleh Anti-Virus tersebut (multiple enginee)
6.       Kemudahan instalasi dan konfigurasi


  
_Meldiana Sumanto – 0972161_



No comments:

Post a Comment